Sabtu : 18 September 2021

Berawal Dari Budidaya Lele Sekarang Jadi Produsen Olahan Lele

20 Desember 2020 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG-20201219-WA0008

BALIKPAPAN (KL). Berawal dari budidaya lele pada  tahun  2016 lalu hanya untuk memenuhi pasar yang ada di Balikpapan dan sekitarnya. Namun sejak tahun 2018 untuk lele hidupnya ia tidak lagi budidaya, tapi bekerjasama dengan para petani yang ada di Balikpapan dan sekitarnya dengan standar CBIB (cara budidaya ikan yang baik) dan sekarang  lebih fokus ke frozen food. 

Meski sudah tidak melakukan budidaya lele, Alin Serafana (34) gadis kelahiran Bunyu Kaltara,  lulusan SI Ekonomi UII inipun memilih menjadi produsen aneka olahan lele, seperti fillet ikan lele, daging ikan giling, aneka saos.Konsumen juga bisa memesan Siomay lele, Abon tanpa MSG, kerifik fillet lele gesit yang sudah bersertifkat halal dan juga tanpa MSG. Untuk lebih menyakinkan konsumen, Alin langsung memberikan brand untuk usahanya  dengan nama ALMIK  Fress, Healthy and Tasty.

“ Ikan di Almik merupakan frozen food, di mana proses pembekuannya dilakukan pada saat ikan pada puncak kesegarannya dan terjaga rantai dinginnya, mutu dan keamanan pangan produk bisa dipertahankan, “ tegasnya.

Produknya ada yang fresh frozen  atau yang masih segar dan siap di makan. Ia juga menjual lele dan gurame yang sudah dibersihkan  dan berbumbu siap goreng.  “ Diolah dari ikan lele dan gurame yang 100 % pakan pelet, rasa dagingnya enak, tidak ada bau tanah dan dijamin kesegarannya, ”  tegas Alin

Usaha olahan lelenya terus berkembang. Bukan hanya berbahan lele, tapi ia juga bermitra dengan pihak lain untuk membuat daging ikan giling belida, ikan giling tengiri, kulit tengiri, ikan patin (non blood line) yang tidak ada aliran darah di dalam daging fillet sehingga tidak menimbulkan bau amis yang menyengat.

Pemasaran produknya dilakukan secara online, melalui resseler, titip di sejumlah toko, suplay ke catering. Bahkan sejak awal Juli 2000, Alin mulai membuka outlet. Bagi warga yang ingin mendapatkan aneka pangan olahan ikan lele dan ikan lainnya  bisa  langsung datang ke outlet ALMIK di Jln. Patimura Perum Batu Ampar Lestari Blok D1 No 3-4 Buka dari Senin sampai Sabtu, Untuk hari Minggu hanya melayani online dan deliveri order. (KL1)

 

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *