Sabtu : 18 September 2021

DINKES BALIKPAPAN LAKUKAN PERSIAPAN VAKSINASI COVID-19

23 Desember 2020 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG_20201227_202500(1)

BALIKPAPAN (KL). Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Kesehatan Kota Balikpapan memastikan persiapaan untuk vaksinasi  Covid-19  yang akan berlangsung tahun depan terus berjalan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, “ Untuk persiapan vaksinasi ini setidaknya ada 100 lebih tahapan yang harus dipenuhi. Dimulai dari pembentukan kelompok kerja(Pokja) vaksinasi di tingkat Kota dan Pojka Teknis yang terdiri dari petugas rumah sakit, klinik dan puskemas. “

“ Seluruh tenaga vaksinator yang disiapkan melakukan vaksinasi telah mengikuti workshop pada tanggal 16 dan 17 Desember. Kemudiaan, saat ini dilanjutkan dengan persiapan simulasi di puskemas masing-masing, “ ungkapnya.

Menurutnya, proses simulasi ini tidak mudah. Karena tidak semua puskemas memiliki kapasitas ruangan yang luas.  Sebab selama vaksinasi akan berlangsung puskesmas juga harus tetap memberi pelayanan yang sudah ada.

“Sesuai petunjuk dalam satu hari satu puskemas, maksimal melayani 10 orang  yang divaksin. Karena ada empat meja tahapan yang dilalui yakni registrasi , administrasi, wawancara dan vaksinasi. Setelah di vaksin pun orang tersebut harus menunggu selama 30 menit. Jadi prosesnya memakan waktu yang lama, “ kata Andi Sri Juliarti.

Mengenai vaksin kapan datang di Balikpapan, pihaknya belum dapat informasi. Karena informasi saat ini, vaksin yang telah tiba di Indonesia sedang dalam tahap pengujian oleh BPOM dan aspek halal dan MUI. “ (KL1)

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *