Sabtu : 18 September 2021

Kosumsi Madu Hutan “Istana Lebah” Meningkat Selama Masa Corona.

26 Desember 2020 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG_20201226_095119

Balikpapan (KL).  Madu hutan Kalimantan Timur  memang sudah lama terkenal. Karena sangat berkasiat untuk kesehatan tubuh, membuat madu hutan menjadi buruan para pengepul madu hutan dan pedagang madu asli. Adalah Abdurahman Muchtar (44) pria kelahiran asli Balikpapan yang sudah menekuni usaha madu asli dari  hutan Kalimantan Timur ini sejak tahun 1998. Bermula  hanya membeli beberapa kilo madu hutan asli Kalimantan Timur,  sekarang ia bisa menampung sampai 5 ton dalam sekali masa panen.   Ia membuat merek dagang madunya dengan nama “Istana Lebah”.

Untuk mendapatkan madunya Abdurahman terkadang harus terjun langsung ke hutan bersama pengepul dan pemanjat pohon. Hal ini dilakukan agar madunya tidak jatuh ketangan pembeli lain. Ia bersama teman-temannya harus keluar masuk hutan, terkadang harus bermalam sampai beberapa hari. Hampir sebagian hutan di Kalimantan Timur sudah dimasukin guna mendapatkan  madu yang baik. Sebutlah Batu Dinding di Kabupaten Mahakam Hulu, Hutan Lindung Sungai Wain dan hutan-hutan lain yang ada di Kaltim.

Menurut Abdurahman mencari madu di hutan juga ada suka dukanya.  Sukanya kalau madu yang dicari banyak dan mudah mendapatkannya. Dukanya kalau madu yang dipanen sedikit hanya beberapa kilo saja, atau  kalau ada terjadi insiden. “ Sejak tahun 2018 empat orang pemanjat jatuh dari pohon setinggi kurang lebih 60 meter dan meninggal dunia,” tutur Abdurahman dengan nada sedih. “ Tapi itulah resiko pekerjaan, “ tegas Abdurahman.

Madu yang biasa dipanen dari jenis lebah hutan Apis Dorsata dan Trigona Etama yang biasa dikenal dengan sebutan madu kelulut.  Bersama istrinya Dema  Sarahyuni setiap hari ia mengemas madunya ke dalam kemesan botol untuk didistribusikan ke distributor madu.  Satu kilo madu hutan dijual Rp. 180.000, sementara madu kelulut di jual Rp, 600.000. 

Selama masa pandemi Covid -19 ini  justeru terjadi peninggkatan penjualan madunya, “ Alhamdullilah, selama masa corona ini justeru penjualan madunya bisa naik sampai 3  kali, banyak orang mengkonsumsi madu untuk kesehatan, ‘ tegas Abdurahman.  Madunya juga di beli pembeli dari Jakarta, Surabaya, Aceh, Sulawesi  bahkan sampai Singapore. “ Biasa mereka membeli untuk oleh-oleh, “ tutur Abdurahman. Sekarang  sebulan ia bisa meraup Rp. 10 juta perbulan.  Berbeda pada bulan  bulan sebelumnya.

Bapak satu anak ini juga  menjual bibit lebah madu kelulut untuk di ternak sendiri. Satu kotak  lebah kelulut di jual Rp. 1 juta yang terdiri satu log dan satu toping (tempat penyangga madu). Menurut Abdurahman kalau berminat untuk membeli madunya bisa menghubunginya di  nomor : 085246174096 (KL1) 

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *