Selasa : 18 Januari 2022

Pembentukan dan Revisi Perda Jadi Agenda Utama DPRD Balikpapan Di 2022

5 Januari 2022 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG-20220105-WA0002
Balikpapan, kanallima.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan menggelar sejumlah rencana kerja di tahun 2022, salah satunya adalah membentuk dan merevisi beberapa peraturan daerah (Perda).
 
Menurut Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, membentuk dan merevisi Perda merupakan agenda yang paling menonjol dalam rencana kerja tahun ini.
 
“Sesuai rencana kerja DPRD membuat jadwal kerja mulai Januari sampai masa sidang bulan April 2022. Penutupan masa sidang ketiga tahun 2021 dan membuka masa sidang pertama tahun 2022 yang berlaku mulai Januari-April 2022,” jelas Abdulloh usai rapat rencana kerja tahun 2022, Selasa (4/1/2022) lalu.
 
Abdulloh mengatakan, agenda pembentukan dan revisi Perda dibutuhkan agar sesuai dan tidak melenceng dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
 
“Semua ini agar tidak melenceng dari rapat badan musyawarah (Banmus) yang sudah ditetapkan. Sesuai dengan omnibus law yaitu UU Cipta kerja,” paparnya.
 
Menurutnya ada beberapa hal di daerah yang sudah ditarik ke pusat sehingga daerah harus menyesuaikan dengan UU Cipta Kerja tersebut.
 
“Makanya ada revisi, ada kajian baru. Revisi itu juga dalam rangka menyongsong ibu kota negara (IKN). Kita di Balikpapan menyiapkan diri dengan regulasi yang harus kita atur,” paparnya.
 
Abdulloh mencontohkan salah satunya revisi Perda Transportasi yang menurutnya memiliki banyak kelalaian hingga terjadi kecelakaan.
 
“Alhamdulillah kini sudah memasuki tahapan ketiga, mudah-mudahan bulan ini selesai.” terangnya.
 
Untuk masalah Covid-19 Abdulloh mengatakan saat ini fungsi DPRD masih sebatas pengawasan.
 
“Jika dibanding dengan tahun lalu jelas banyak perubahan. Kemarin kita terbelenggu dengan Covid-19, tahun ini mudah-mudahan kita zero dengan zona hijau, sehingga agendanya akan lebih ketat dari yang kemarin. Kita tidak bisa berkutik, tidak bisa bergerak sehingga Perda juga banyak terbengkalai dengan tugas Raperda maupun fungsi pengawasan,” pungkasnya. (Yun)
berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *