Sabtu : 18 September 2021

Wati Bahalap : Setelah Tahu Manfaatnya, Kayu Bajakah Banyak Dikonsumsi Orang.

30 Desember 2020 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG_20201230_135909(1)

Balikpapan (KL).  Kayu Bajakah memang lagi naik kelas. Karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Sejak beberapa tahun terakhir ini konsumsi kayu Bajakah lagi meningkat. Dan harganyapun melambung tinggi. Tanaman hutan ini tadinya tidak ada harganya, namun sejak diketahui dapat menyembuhkan beberapa penyakit, mulai orang ramai mengkonsumsi kayu Bajakah untuk penyembuhan maupun pencegahan penyakit. 

Seperti yang dituturkan Wati Bahalap (40) wanita kelahiran  Kapuas Kalimantan Tengah ini, “ Kayu Bajakah sangat baik untuk pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit. Wati  tidak asal ngomong  saja tentang manfaat  kehebatan kayu Bajakah tersebut.  Menurutnya dari hasil penelitian Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Unlam, kayu Bajakah Barigas atau lebih populer disebut kayu Bajakah saja ternyata punya banyak kasiat untuk kesehatan tubuh.  Kayu Bajakah yang asli  memiliki kandungan saponin,  tanin, fenolik, falavanoid, alkaloid  dan stereoid, yang sangat berguna sebagai anti bakteri, dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol, melawan sel kanker, mencegah tumor juga dapat meningkatkan daya tahan (imun) tubuh, mencegah diabetes, antiseptik, anti microba, anti malaria, dan masih banyak lagi.

Menurut Wati Bahalap yang sudah menekuni usaha kerajinan daerah Kalimantan ini selama corona usahanya lebih banyak dukanya, ketimbang sukanya.  “ Lebih banyak dukanya, karena pembelinya sangat berkurang jauh dibanding sebelum masa corona, “ tegas Wati Bahalap.

Wati Bahalap dan suaminya Abdul Rahman sudah merintis usaha kerajinan  khas Kalimantan ini sejak tahun 1995. Hanya dengan modal 500 ribu saja, Ibu empat orang anak ini, Adani, Chantika, Putri dan Aisyiah  memulai usahanya berjualan  kerajinan dan ramuan khas Kalimantan. Sejak tren kayu Bajakah mulai rame diburu orang ia dan suaminya mulai menambahkan kayu Bajakah  ke dalam barang dagangannya.  Kayu Bajakah itu diambil dari lahan miliknya sendiri.  Kayu Bajakah yang sudah dikemas kedalam dua kemasan tersebut dijual Rp. 50.000 dan Rp. 75.000. Meski lebih banyak dukanya usahanya masih bisa meraup omzet perbulan Rp. 10 juta. Kini ia bisa mengirim kayu Bajakahnya ke seluruh Indonesia dan juga Malaysia. Wati membuka  lapak yang diberi nama “BAHALAP”  di Jalan ARS Muhamad No. 7 Balikpapan. Menurut Wati tren setelah orang tahu banyak manfaatnya, kayu Bajakah banyak dikonsumsi orang. Ditambahkan Wati, ” Kalau mau pesan kayu Bajakah yang  baik dan baru diambil dari hutan bisa menghubunginya di nomor : 082154204849, “. (KL2)

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *