Minggu : 17 Oktober 2021

Kepiting Eksis : Modal Boleh Kecil,Tapi Tekad Harus Besar

4 Januari 2021 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG-20210104-WA0003(1)

Balikpapan (KL).  Agustinawati (35) ibu dua anak  Sakhiy dan Abiyuu ini, tak bisa berbuat apa-apa. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang bergerak dibidang kuliner ini terpaksa harus bersabar dikala pasokan kepiting yang merupakan bahan  baku utama usaha kulinernya kosong.  Kelangkaan kepiting dari nelayan.    

“ Pasokan bahan baku kepiting yang tak menentu membuat pendapatkan usaha kami juga ikut tak menentu, “ tutur Agustinawati  dengan nada sedih.  Usaha kulinernya yang berlabel “ Kepiting Eksis” ini memang didominasi dengan bahan baku kepiting. Justeru masalah yang dihadapinya adalah ketika pasokan kepiting  kosong.   “ Inilah resiko usaha kuliner yang bahan baku utamanya kepiting, “ tutur Tina. Namun ia tak pernah putus usaha. “ The show must go on !“ ucap Tina pede.

Agustinawati atau yang biasa disapa Tina sudah menekuni usaha di bidang kuliner ini sejak tahun 2015 lalu. Awal merintis usahanya ia hanya bermodal nekat saja. Bersama suaminya Suwarno, ia memulai usaha kulinernya hanya dengan bermodalkan Rp. 100.000 saja.  Banyak orang yang tak percaya, hanya dengan modal segitu. Tapi Tina terbukti bisa memulainya.  “ Yang penting ada tekat  dan kemauan, “ tegas Tina.  “ Modal boleh kecil tapi tekad harus besar !“

Lambat  laun usahanya  mulai tumbuh.  Awalnya ia hanya membuat oleh-oleh berbahan Kepiting saja, namun sekarang ia juga mulai merambah dibidang usaha  catering.  “ Beberapa kali kami melayani pesanan Pemkot Balikpapan, “ tutur Tina bangga.  Sekarang Tina juga melayani pemesanan ke seluruh Balikpapan. Sementara untuk oleh-olehnya sudah melanglang buana. Sekarang Tina bisa meraup omzet Rp. 30 juta perbulan.

 Tina dan Suaminya  sangat menyukai dengan pekerjaan yang dilakukannya saat ini.   “Memiliki usaha rumahan membuat saya bisa mengatur waktu sendiri dan juga mengurus keluarga, “  tutur Tina.  “ Saya juga bisa mendapatkan banyak teman dan kenalan baik sesama wirausaha dan bisa juga sharing pengalaman.”

“ Produk Kepiting Eksis, merupakan produk seafood yang dibuat setelah ada pesanan. Jadi fresh setiap harinya dan harga kami relatif ramah dikantong. “ kata Tina berpromosi.  Ia menjual harga eceran kepitingnya mulai Rp. 75.000, Rp. 150.000, Rp. 80.000 dan Rp. 160.000. Sementara untuk Cateringanya mulai Rp. 45.000 dan Rp. 60.000. Usahanya juga sudah mengantongi ijin PIRT dan IUMK.  Nah yang ingin melihat dan pingin pesan aneka olahan kepitingnya bisa  langsung datang ke markas pengolahan Kepiting Eksisnya di Jl. Prapatan Dalam Rt. 47 No. 44 Balikpapan, atau bisa menghubunginya di No. 081233888759. (KL3).

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *