Jumat : 30 Juli 2021

Tidak Tertarik Jadi Karyawan Lagi, Elly Triwati Pilih Jualan Kue, Hasilnya Nyata dan Berkah.

9 Januari 2021 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG_20210109_134916(1)

Balikpapan (KL).  Elly Triwati (33), memutuskan untuk menjual kue tradisional, setelah ia dan suaminya kehilangan pekerjaan.  “Dapur harus terus berasap, sementara pekerjaannya yang selama ini menopang rumah tangga kami sudah tidak bisa menopang kehidupan kami lagi, “ tutur Elly. Keputusannya memilih membuat kue tradisional menjadi pilihan usaha barunya yang akan menopang keluarganya.

Pilihan Elly membuat kue tradisional ini bukan hanya bermodal nekat saja atau hanya ikut-ikutan orang saja.  Mengapa pilihannya jatuh kepada kue tradisional. “ Karena kue tradisional adalah  asli Indonesia yang nggak ada matinya, yang cocok untuk orang-orang asli Indonesia, “ tutur Elly pede.  Apalagi kue tradisionalnya merupakan warisan turun temurun dari ibu mertuanya yang asli Banjarmasin Kalsel.  “Ibu mertua saya memang juaranya dalam membuat kue tradisional.” tutur Elly bangga.  

Elly dan suaminya, Syaukani mulai merintis usaha kue basahnya tersebut pada Januari  2019.  Dengan bermodal Rp.200.000, ibu dua anak  ini mulai membuat  Apam Banjar, Aneka Bingka, Aneka Talam, Papare dan aneka lainnya.  Harga satu pack kue yang mereka buat terbilang murah,cuma Rp.10.000 saja. Lambat laun orang mulai menyukai aneka kue tradisional yang dibuatnya. Tak heran setiap hari  ia bisa membuat 150 pack perhari. Sekarang Elly dan Suaminya  bisa meraup pendapatan perbulan   Rp 8 sampai Rp 10 juta. Jumlah yang cukup lumayan dibanding dengan gajinya ketika menjadi pegawai dahulu.

Sekarang Elly juga mulai melayani catering untuk pemesanan kue kotakan setiap hari. Ia juga melayani pembuatan menu coffee time untuk melayani karyawan di beberapa perusahaan.  Ia juga mengirim ke toko-toko swalayan, kantin dan warung makan  yang ada di Balikpapan. Menurut Elly kelebihan kuenya adalah tahan  dari pagi sampai jam 10 malam. Dan akan lebih lama lagi kalau dimasukan  kulkas.

Elly yang merupakan binaan  PT. Telkom dan Disperindagkop Balikpapan ini sudah tidak tertarik lagi jadi karyawan.  Ia dan suaminya sempat ditawari lagi untuk jadi karyawan di salah satu perusahaan.  “ Saya sudah tidak tertarik, enakan jualan kue tradisional saja. Hasilnya nyata, berkah dan ada kebahagian tersendiri saat kita menbuat sesuatu dan banyak yang suka, bahkan sudah sampai masuk di beberapa toko yang ada di Balikpapan, “ tutur Elly.

“ Di saat kondisi pandemi  ini, kami sudah tidak bingung lagi, kami sudah punya usaha dengan penghasilan tetap, walaupun agak menurun omzet dibanding sebelum pandemi,” tutur Elly bangga. Elly juga membuka lapaknya yang diberi nama “Kreasi Mantu” di depan rumahnya di Perum Graha Indah Blok A No. 18. “ Tapi jika ada yang ingin pesan kue tradisional,  bisa langsung menghubungi saya  ya di No. 081253618484, tapi jangan lupa bayar didepan ya,” kata Elly sambil berpesan.  (KL1)

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *