Sabtu : 18 September 2021

11 Faskes di Kota Balikpapan Siap Lakukan Pemeriksaan Rapid Antigen

21 Desember 2020 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG_20201227_202500(1)

Balikpapan (KL). Pemkot Balikpapan lakukan pendataan fasilitas pemeriksaan Rapid Antigen untuk warga kota Balikpapan. Sedikitnya terdapat  11  fasilitas kesehatan yang sudah dapat melayani pemeriksaan rapid antigen di Kota Balikpapan.

Meskipun baru dua daerah yang menerapkan syarat rapid antigen untuk bepergian. Balikpapan sendiri belum menerapkan persyaratan rapid antigen untuk bepergian. Karena masih perlu melakukan kordinasi dengan pemerintah provinsi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan” Rapid antigen merupakan salah satu pengujian virus corona  dengan mendeteksi protein virus (antigen). Berbeda dengan rapid tes antibodi yang mengambil sampel darah, rapid antigen ini cara melakukan pemeriksaannya menggunakan spesimen dari nasofaring (hidung) dan orofaring (tenggorokan), atau lebih mirip swab test untuk pengujian dengan metode PCR.

“ Rapid antigen sendiri memiliki tingkat akurasi sebesar 50 % dan membutuhkan waktu 10-15 menit  hingga  hasilnya keluar. Jadi lebih cepat dari PCR, “ kata Andi Sri Juliarty.

Ke 11 tempat itu antara lain  Klinik Tirta, Siloam Hospital, Lab Katulistiwa,  Lab Paramita, PAM Clinic, RSUD  Dr. Kanujoso Jatiwibowo, Klinik Juanson, Klinik Grand Medica, Klinik Panacea, Klinik Piramida Jaya, RS Restu Ibu, Lab RSPB (di Rumah Sakit dan Bandara), Klinik Ibnu Sina dan RST Dr. R Hardjanto (KL1)

 

berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *