Selasa : 5 Juli 2022

Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi Lembuswana Mendeteksi Dini Kebakaran Hutan Dan Lahan

17 Desember 2021 - by kanallima.com - Leave a Comment
IMG-20211217-WA0002(1)
BALIKPAPAN, kanallima.com- 
Polda Kaltim, luncurkan aplikasi Lembuswana yang dilaunching di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (16/12/2021).
Hadir dalam acara Launching Aplikasi Lembuswana, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, dan Kementerian Kehutanan RI yang diwakili Direktur Pengendalian Karhutla, Basar Manullang, dan para tamu Undangan.
Dalam sambutannya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak memaparkan, pihaknya sudah mewacanakan aplikasi ini sejak lama. Dan selama proses pembuatan aplikasi Lembuswana, dibiayai sepenuhnya oleh Pemprov Kaltim.
Aplikasi ini secara resmi akan digunakan oleh Polda Kaltim dalam hal memantau titik api atau hotspot di wilayah Kaltim.
Saat launching, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak sempat mempresentasikan tata kelola dari aplikasi Lembuswana. Secara teknologi memang sangat praktis dan bisa akurat.
Pada layar utama, aplikasi ini akan menampilkan penampakan wilayah Pulau Kalimantan secara umum, lalu bisa diperbesar hingga titik terkecil untuk mengetahui ada titik api.
“Jadi di sebelah kanan atas aplikasi, nanti akan terlihat ada berapa titik api atau hotspot. Lebih rincinya ada di kiri bawah,” terangnya.
Pada titik api yang terlihat, nantinya bisa ditelusuri lebih jauh soal lokasi hotspotnya.
Dicontohkan Herry, seumpamal titik api berada di salah satu lokasi tambang batubara, maka pihaknya melalui command center akan menghubungi pemilik ladang batubara tersebut untuk memastikan titik panas apa yang terlihat di lokasinya.
Dikatakan Herry, pembacaan oleh aplikasi Lembuswana dinilai akurat dan akan efektif dalam penanganan bencana kebakaran di kawasan Kalimantan Timur.
“Karena aplikasi ini tidak hanya bisa memantau titik api secara real time, tapi juga lokasi petugas, Polsek atau Polres terdekat. Jadi kita bisa langsung panggilan suara atau video itu untuk segera memastikan kejadiannya,” pungkasnya. (Yun)
 
berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *