Sabtu : 18 September 2021

Rapat Kerja APEKSI Komwil V Regional Kalimantan Dorong Trans Kalimantan Terealisasi

BALIKPAPAN. (KL). Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil V Regional Kalimantan yang digelar di Hotel Novotel Balikpapan tersebut pada tanggal 3 Desember 2020, telah melahirkan beberapa kesepatan.  Diantaranya,  APEKSI Komwil V Kalimantan  mendorong  terwujudnya percepatan trans Kalimantan, antara lain transportasi darat dan transportasi udara yang memadai  pada jalur 9 kota yang ada di Kalimantan. Rapat Kerja Apeksi juga mendorong untuk dilakukannya sosialisasi rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke Pulau Kalimantan dengan dilakukannya perkuatan aspek infrastruktur, sosial dan jaringan.  

Rapat kerja APEKSI yang diikuti 9 kepala daerah dan sekda dari 9 kota di Kalimantan tersebut, menggagas Program Pembangunan Kerja Sama Daerah dengan  lembaga dalam dan luar negeri untuk menarik investasi  dan membangun insfrastruktur  sesuai dengan skala prioritas.  Rapat Kerja APEKSI dibuka secara virtual oleh Ketua Umum APEKSI yang juga menjabat Walikota Tanggerang Selatan Airin Rahmi dan yang bertindak  selaku pimpinan rapat yaitu Dr. Khairul, M. Kes selaku Walikota Tarakan.  Sementara bertindak sebagi tuan rumah Walikota Balikpapan. H. Rizal Efendi.

Rapak kerja APEKSI yang juga di hadiri  Sekredaris Daerah beberapa kota di Kalimantan dan 50 tamu undangan tersebut  mendorong kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur  yang bertujuan untuk kepentingan umum.   APEKSI  Komwil V juga menggagas pembangunan kawasan kumuh yang ada di Kalimantan dan program pengembangan pariwisata 4.0, yaitu membangun ekosistem digital  mulai dari inspiration, arrival, destination hingga postrip digital mencerminkan era tourism 4.0. (Dwi)